Resep Membut Roti gandum Ala Rumahan di Jamin Halall Toyiban


 https://likedanshareya.blogspot.com/2017/10/resep-membut-roti-gandum-ala-rumahan-di.html

roti gandum ini aku bikin dengan versi #hartcoronarydiet buat si abah, sehingga beberapa bahannya aku ganti dengan bahan yang sesuai dengan pola diet jantung si abah.
untuk butter aku ganti pake olive oil, gula pasir aku ganti dengan madu, dan susu cair diganti dengan susu kedelai. roti gandum ini versi ga manis yah, yang suka manis silahkan ditambahkan gula/madu sesuai selera

Resep Membut Roti gandum Ala Rumahan di Jamin Halall Toyiban

bahan :
150 gram tepung gandum
200 gram tepung terigu pro tinggi
4 sdm madu (kalo pake gula, takaran menggunakan sdm lebih sedikit dari madu)
6 gram ragi instant
1 butir telor
200 ml susu kedelai
5 sdm olive oil (kalo pake butter kurang lebih 2 sdm)
6 gram ragi instant
1/2 sdt garam
topping sesukanya

cara membuat :
-dalam mangkok besar, campur tepung gandum, terigu, dan ragi  aduk rata

-masukkan telor, madu, dan susu,
 aduk rata, uleni hingga setengah kalis

-tambahkan garam dan olive oil, uleni kembali hingga kalis elastis, kemudian istirahatkan dough selama 15 menit

-kempeskan dough, uleni kembali beberapa menit, kemudian gilas, dan gulung, masukkan ke dalam loyang yang sudah diolesi butter, diamkan dough hingga mengembang 2x lipat

-beri topping sesuai selera

-panggang di oven yang sudah dipanaskan sebelumnya pada suhu 190 C selama 25 menit (aku pake 15 menit api bawah dan 10 menit api atas) atau sesuaikan dengan oven masing-masing ya

Sumber Resep: Myreen mahdiya